Daerah dari Nama Tumbuhan di Indonesia

Penamaan daerah di Indonesia dari nama tumbuhan kerap terjadi di Indonesia. Penggunaan nama jalan sangat penting dalam pemetaan suatu wilayah. Biasanya nama jalan merupakan kesepakatan dari penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Di Indonesia, penamaan jalan dan daerah biasanya sangat beragam sumbernya. Mulai dari nama pahlawan, nama-nama hewan (yang paling sering digunakan yaitu burung), nama-nama alat tulis seperti di Kota Medan, dan tidak sedikit yang menggunakan nama tanaman sebagai nama jalan.

Penamaan nama Daerah dari Nama Tumbuhan dengan menggunakan nama tanaman biasanya didasari atas banyaknya tumbuhan tersebut pada suatu wilayah. Hal ini sesuai dengan pernyataan Abdul Chaer dalam buku “Tenabang Tempo Doeloe”  terbitan Masup Jakarta 2017 yaitu toponimi di Jakarta biasanya berasal dari nama-nama tanaman atau kebun yang dahulu ditanam di daerah tersebut.

Kapuk

Kapuk merupakan istilah lain dari kapas yaitu serat tanaman pelindung biji pada tanaman kapas (Gossypium sp.). Tanaman ini banyak tumbuh didaerah utara jawa. Saat ini kapuk merupakan nama dari salah satu kelurahan yang ada di Cengkareng, Jakarta Barat.

Pegadungan

Gadung merupakan salah satu jenis tanaman umbi. Tanaman ini bernama latin Dioscorea hispidus. Tanaman ini ditanam sebagai salah satu sumber makanan pokok pengganti nasi. Gadung memiliki rasa yang gurih, nikmat dan lezat. Umbi dari tanaman ini biasa dijadikan obat herbal untuk penyakit kusta. Harga dari 500 gram umbi gadung sekitar 28 ribu hingga 30 ribu. Gadung dijadikan nama suatu kelurahan di daerah Jakarta Barat tepatnya di kelurahan Kalideres dengan penambahan Pe-an sehingga menjadi Pegadungan.

Kebon Jeruk

Kebon Jeruk merupakan salah satu kecamatan di Jakarta Barat. Jeruk sendiri merupakan buah dari tanaman Citrus sp. Tanaman ini tumbuh pada ketinggian 0-400mdpl dengan ketinggian 2-15m. Buah Jeruk adalah buah yang sangat terkenal akan vitamin C dan rasanya yang masam juga manis. Penamaan daerah kebon Jeruk dikarenakan dahulu tanaman jeruk banyak ditemukan di wilayah ini.

Kemanggisan

Manggis (Garcinia mangostana) adalah buah yang manis dengan kandungan oksidan yang tinggi dengan warna kulitnya yang merah hingga ungu kehitaman. Buah ini banyak terdapat di daerah Jakarta Barat sehingga menjadi nama wilayah tersebut dengan penambahan Ke- dan -an, Kemanggisan

Tanjung Duren

Buah berduri yang sangat terkenal ini pastinya semua orang telah mengenalnya. Durian (Durio sp.) ini adalah nama dari salah satu kelurahan yang beradai di Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Buah Duren memang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Daerah dari Nama Tumbuhan Duren ini contohnya Duren Kalibata, Duren Sawit dan Duren Seribu,

BACA JUGA: Bunga Edelweiss, Simbol Nasionalis Negara Swiss

Cipete

Ci dalam Bahasa sunda artinya sungai, pete artinya petai. Konon, daerah ini merupakan daerah yang banyak tumbuh petai di sekitar sungainya. Cipete merupakan salah satu nama kelurahan yang ada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang mayoritas penduduknya merupakan etnis Betawi

  • Pondok Labu

Selain menggunakan nama tanaman Labu, daerah ini juga menggunakan kata “Pondok” sebagai kiasan lokasi tersebut. Hal ini banyak sekali pada penamaan daerah seperti Kampung Rambutan, Kebon Jeruk, Tanjung duren dll. Labu sendiri merupakan salah satu anggota Cucurbitaceae. Biasanya memiliki daging buah yang padat dengan variasi pemanfaatan yang beragam salah satunya menjadi hidangan sup labu. Pondok Labu sendiri merupakan salah satu nama kelurahan yang berlokasi di Jakarta Selatan.

  • Karet

Pengguna KRL pasti kenal dengan stasiun yang berada antara Sudirman dan Tanah Abang, yaitu Stasiun Karet. Kawasan karet merupakan Kawasan segitiga emas yang namanya dari nama sebuah tanaman bergetah bernama karet. Karet yang bernama latin Hevea brasiliensis ini dapat tumbuh hingga 25 meter.

  • Cempaka Putih

Cempaka adalah bahasa Indonesia untuk bunga kantil. Bunga yang biasa bermanfaat sebagai obat dari radang gusi, radang menopous, dan penurun berat badan ini memiliki kelopak bunga yang memanjang berwarna putih. Cempaka kini menjadi nama dari suatu daerah yang berada di Jakarta Pusat. Daerah ini dapat akses mudah melalui KRL Stasiun Sentiong.

Kelapa dua

Kelapa yang bernama latin Cocos nucifera ini banyak terdapat di daerah pantai. Namun nama Kebon Kelapa saat ini menjadi nama daerah yang berada di Kota Tangerang. Tidak hanya menjadi nama di kota Tangerang, di daerah Jakarta dan di Kota Bogor terdapat daerah yang bernama sama, kebon kelapa

Sampai sekarang, penamaan wilayah di Jakarta dengan nama tumbuhan belum jelas alasannya tapi yang pasti bahwa hal ini kemungkinan memang merupakan tradisi lama. Bahkan sejak dulu, nama dari Kota Jakarta sudah mengandung nabati, yaitu Sunda Kelapa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *