Pohon lemon dalam ruangan sebagai penambah artistik

Bayangkan apabila bunga beraroma manis, dedaunan mengkilap, buah asam dan lezat dari sebuah pohon lemon ditanam dalam ruangan menghiasi rumah Anda. Karena tidak bergantung dengan iklim, Anda dapat menanam pohon lemon di kontainer kecil dan menikmatinya sepanjang tahun. Menanam lemon dalam ruangan tidak sulit selama Anda memilih pohon yang sehat dan dapat memenuhi kebutuhan dasarnya.

Kami akan membantu anda untuk tata cara secara detil meliputi:

Pemilihan Pohon Lemon yang tepat
Pemilihan Pot yang sesuai untuk Lemon dalam Ruangan
Penanaman Pohon dalam Ruangan
Penempatan Pohon dalam Ruangan
Perawatan Pohon Lemon Dalam
Penyerbukan dan Pemangkasan Pohon Lemon

Pemilihan pohon lemon yang tepat

Pohon Lemon dapat tumbuh setinggi ini, Loh!

Saat ditanam di luar ruangan, pohon lemon biasa tumbuh setinggi 20 kaki dan membutuhkan waktu hingga enam tahun untuk berbuah. Lebih baik pohon dibiarkan tetap kecil agar dapat menghasilkan lemon lebih cepat. Petani mencangkokkan varietas pohon lemon dalam ruangan ke akar kerdil khusus yang mempercepat kemampuan menghasilkan buah dan menjaga pohon tetap kecil.

Beberapa pohon lemon yang paling mudah ditanam dan paling populer sebenarnya adalah persilangan dengan buah-buahan lain, tetapi beberapa adalah pohon lemon sejati yang tumbuh dengan baik di dalam pot. Varietas pohon lemon kerdil terbaik yaitu:

  • Improved Meyer – Persilangan antara lemon dan jeruk mandarin ini menawarkan lemon yang manis dan tajam.
  • Ponderosa – Persilangan lemon dan citron ini menghasilkan buah lemon yang besar.
  • Variegated Pink Lemonade – Buah beraneka warna hijau dan kuning pada pohon lemon sejati ini memiliki daging merah muda (tapi jus bening).

Biasanya, pohon lemon kerdil dijual saat berusia dua hingga tiga tahun — cukup tua untuk mulai berbuah, tetapi masih belum matang. Tipsnya: Bijaklah memilih ukuran wadah karena hal tersebut merupakan faktor yang memengaruhi tinggi tanaman.

Jika Anda berencana menanam pohon lemon dari biji, pahamilah bahwa pohon baru tidak akan sama dengan pohon tempat benih itu berasal. Memulai pohon lemon dari pemotongan akan menghasilkan pohon yang sama — dari bawah ke atas — tetapi prosesnya menantang.

Memilih pot yang sesuai

Biasanya orang cenderung membeli pot yang sesuai dengan ukuran akhirnya, padahal lebih baik untuk memulai dari yang kecil. Pot yang terlalu besar dengan tanah berlebih menyulitkan untuk mengetahui kapan pohon tersebut membutuhkan air. Untuk sebagian besar pohon muda yang tumbuh di pembibitan, mulailah dengan wadah berdiameter 12 inci.

Pohon lemon dapat tumbuh dengan baik di semua jenis pot, dari terracotta berpori hingga yang berbahan resin ringan. Pastikan wadah memiliki lubang drainase yang besar dan lubang tidak terhalang. Seperti pohon jeruk lainnya, lemon lebih menyukai akar yang sejuk, jadi hindari pot hitam dan warna gelap lainnya yang memanas di bawah sinar matahari.

Selalu gunakan piring di bawah pot Anda untuk melindungi lantai dari kelebihan air. Pertimbangkan untuk meletakkan tanaman dengan pot beroda di bawahnya agar mudah.

BACA JUGA: Daerah dari Nama Tumbuhan di Indonesia

Menanam Pohon Lemon

Akar pohon lemon membutuhkan oksigen yang melimpah, jadi penanaman yang tepat dan drainase yang baik adalah kuncinya. Saat menanam pohon Anda, suar di pangkal batang harus berada sedikit di atas garis tanah Anda.

Mulailah dengan mengisi bagian bawah wadah baru dengan tanah, lalu sedikit dipadatkan. Ulangi sampai Anda mencapai kedalaman yang tepat untuk bola akar pohon Anda. Ini membantu memberikan fondasi yang baik sehingga pohon Anda tidak akan mengendap terlalu dalam. Selalu sisakan beberapa inci di bagian atas untuk penyiraman.

Pohon lemon dalam ruangan melakukan yang terbaik ketika tanah mereka tetap lembab secara merata. Pilih campuran pot yang dikeringkan dengan baik yang dirancang untuk pohon palem atau jeruk dalam ruangan. Campuran ini membantu mencegah tanah basah sambil tetap mempertahankan kelembapan, sehingga akar tidak terlalu basah atau terlalu kering.

Sebagai langkah terakhir, perlakukan pohon lemon yang baru Anda tanam dengan Pennington UltraGreen Plant Starter dengan Vitamin B1, yang menyediakan mikronutrien dan mengurangi kejutan transplantasi.

Penempatan Posisi Pohon Lemon

Setelah pohon lemon Anda berada di wadah barunya, ia siap untuk lingkungan barunya. Kedua faktor ini sangat penting untuk pohon lemon dalam ruangan yang sukses:

Cahaya: Untuk kinerja puncak — dari mekar hingga berbuah — pohon lemon dalam ruangan Anda membutuhkan hampir delapan jam sinar matahari setiap hari. Lemon umumnya tumbuh dengan baik di depan jendela yang menghadap ke selatan atau barat daya yang tidak terhalang.
Suhu: Pohon lemon dalam ruangan tumbuh paling baik dengan suhu malam mendekati 65 derajat Fahrenheit, yang cocok untuk sebagian besar rumah. Pohon lemon tidak akan mentolerir angin panas atau dingin, jadi jauhkan dari semua AC dan saluran pemanas.
Selama bulan-bulan musim panas yang hangat, pertimbangkan untuk memberikan pohon lemon dalam ruangan Anda liburan di luar ruangan. Setelah semua bahaya es musim semi berlalu, secara bertahap sesuaikan dengan alam bebas. Sinar matahari ekstra akan melakukannya dengan baik – dan memberi Anda buah. Sebelum musim dingin datang, pindahkan kembali ke dalam. Selalu pindahkan pohon lemon secara bertahap. Perubahan mendadak dalam cahaya dan suhu dapat membuat buah jatuh.

Penyiraman Tanaman Lemon

Agar pohon lemon Anda tetap sehat, biarkan tanah mengering sekitar 3 inci sebelum Anda menyiraminya. Kemudian sirami dengan seksama sampai mengalir melalui lubang drainase pot. Jaga agar tanah tetap lembab, tidak terlalu basah, tetapi jangan sampai benar-benar kering. Uji tanah dengan pengukur kelembapan (tersedia online dan di pusat taman) atau gunakan jari telunjuk Anda sebagai gantinya.

Selama pertumbuhan aktif, terutama jika mereka berada di luar ruangan selama musim panas, pohon lemon kontainer mungkin perlu disiram setiap hari. Selama musim dingin, air hanya seperlunya untuk menjaga tanah tetap lembab. Waktu bervariasi tergantung pada suhu dalam ruangan Anda, wadah Anda dan ukuran pohon Anda. Perhatikan tanda-tanda peringatan seperti daun kuning, yang menandakan akar basah atau masalah nutrisi.

Untuk menumbuhkan buah yang lezat dan dedaunan yang indah, pohon lemon dalam ruangan Anda membutuhkan makanan yang tepat. Seperti pohon jeruk lainnya, pohon lemon membutuhkan banyak nitrogen serta nutrisi penting lainnya, termasuk magnesium dan besi.1 Ini sangat penting untuk pohon lemon dalam ruangan, yang terbatas pada wadah.

Pupuk jeruk premium seperti Pennington UltraGreen Citrus dan Avocado Plant Food 10-5-5 memberikan campuran ideal nutrisi primer dan mikronutrien pada pohon lemon dalam ruangan, kemudian terus memberi makan hingga empat bulan.

Seiring bertambahnya usia pohon Anda, kebutuhannya akan berubah, jadi ikuti instruksi label untuk usia dan ukuran pot pohon lemon dalam ruangan Anda. Beri makan pohon lemon kontainer setiap tiga sampai empat bulan. Hindari mengganggu akar dangkal saat Anda memberi makan.

Penyerbukan dan Budidaya Lemon

Tidak seperti beberapa pohon buah-buahan, lemon melakukan penyerbukan sendiri. Itu berarti mereka tidak membutuhkan serbuk sari dari pohon lemon lain untuk berbuah. Namun di alam, pohon lemon mengandalkan serangga untuk menyerbuki bunganya. Penyerbukan yang lebih baik berarti buah yang lebih banyak dan lebih baik.

Dengan varietas dalam ruangan yang populer, pohon Anda harus berbuah dengan sendirinya, tetapi Anda juga dapat membantunya. Saat bunga bermekaran dan Anda berhenti untuk menghirup aroma yang memabukkan, goyangkan cabang dengan lembut untuk membantu menyebarkan serbuk sari di dalam bunga.

Pohon lemon dalam ruangan biasanya membutuhkan sedikit atau tanpa pemangkasan. Sebagian besar varietas dalam ruangan tidak berduri, tetapi beberapa pohon lemon memiliki duri. Kenakan baju lengan panjang dan sarung tangan untuk memangkas duri dan semua pucuk atau akar di dekat permukaan tanah. Sebagian besar pohon lemon berbuah di cabang luar, jadi tunggulah sampai buah matang untuk menghindari pemangkasan hadiah Anda.

Dengan mempelajari cara menanam dan merawat pohon lemon di dalam ruangan, Anda dapat menikmati parade sepanjang tahun dengan dedaunan indah, bunga harum, dan camilan lemon. Di Pennington, kami berkomitmen untuk memberikan Anda pupuk tanaman premium dan saran ahli untuk membantu Anda menumbuhkan pohon lemon dalam ruangan impian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *